Kata server berasal dari kata serve yang berarti melayani. Sedangkan pengertian dari komputer server adalah komputer yang bertugas melayani komputer lain (klien). Melayani dalam hal ini adalah memenuhi segala informasi yang dibutuhkan oleh klien. Klien disini bisa berupa komputer yang terhubung ke komputer server secara langsung maupun komputer yang terhubung ke server melalui jaringan komputer.

Dari gambar diatas Komputer A difungsikan sebagai komputer server yang menyimpan semua informasi atau data induk siswa, dan juga bertugas melayani semua permintaan yang berhubungan dengan data induk siswa, sedangkan komputer B difungsikan sebagai komputer klien karena hanya bertugas meminta (mengkases) informasi pada server.
Komputer server secara spesifik tidak membutuhkan hardware khusus akan tetapi karena fungsinya melayani komputer lain, maka diperlukan RAM juga CPU yang besar disesuaikan dengan kebutuhan klien yang mengakses agar data yang disajikan bisa cepat. Juga kapasitas hardisk yang besar agar mampu menampung semua data dan informasi yang dibutuhkan.

Ada beberapa macam contoh komputer server yang sering digunakan di industri, ISP, kantor, dan instansi-instansi antara lain ; Web Server, Database Server, Antivirus Server, File Server, Applikasi Server, Proxy Server, DNS Server, dan lain-lain.

Sekarang kita akan membuat komputer server sederhana yaitu File Server, langkah-langkahnya sebagai berikut;

  1. Siapkan 2 unit komputer yang sudah saling terkoneksi atau terhubung, cara menghubungkannya silahkan mencari informasi di google.com atau menunggu tulisan saya berikutnya 🙂
  2. Di komputer A buatlah satu folder dengan nama DATA_SISWA, isi folder DATA_SISWA dengan beberapa file sebagai percobaan. Kemudian sharing folder tersebut!
  3. Di kompter B, akseslah file sharing komputer A dengan cara masuk menu start → Run → ketikkan nomer ip komputer A, misalnya seperti ini \\192.168.10.1 , kemudian enter. Itu di asumsikan nomer ip komputer A adalah 192.168.10.1 sesuaikan dengan komputer Anda.

Nah, dari simulasi diatas, kita sudah membuat komputer yang difungsikan sebagai File Server yaitu komputer A, dan komputer yang difungsikan sebagai klien yaitu komputer B.

Demikian semoga bermanfa’at dan bisa memberikan pencerahan!
Wassalam